Rabu, 24 Juli 2019

4 Penyakit Serius Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Jangan remehkan sakit pinggang sebelahkanan! Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi memang sakit pinggang yang ini sudah terbukti secara medis bisa membahayakan nyawa dalam kondisi tertentu.

Sakit Pinggang Sebelah Kanan
Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang sering diasosiasikan sebagai penyakitnya orang tua. Tetapi, anak muda juga bisa merasakan tersiksanya sakit pinggang karena berbagai alasan.

Salah satu yang paling umum adalah terjadinya cedera otot pada bagian pinggang sebelah kanan. 
Cedera bisa diakibatkan oleh aktivitas mengangkat benda berat, jatuh, atau terpukul di sekitar pinggang sebelah kanan.

Masalah kesehatan lain yang bisa jadi penyebab sakit pinggang adalah saraf terjepit. Ini biasanya disebabkan oleh adanya gangguan saraf pada tulang belakang kamu.

Nah, selain dua penyebab di atas, terdapat setidaknya 4 penyakit serius yang mungkin menimbulkan sakit di pinggang sebelah kanan kamu. Penyakit-penyakit tersebut adalah:
1.       Cacar api (Herpes zoster)
Sakit pinggang yang disebabkan oleh cacar api bisa menyebabkan nyeri disertai rasa panas. Penyakit ini punya tanda jelas, yakni luka pada kulit berbentuk lepuhan yang berisi air dan terkadang gatal.
2.       Radang usus buntu (apendisitis)
Salah satu keluhan paling umum dari penderita radang usus buntu adalah rasa sakit perut di sebelah kanan. Rasa sakit ini bisa membuat kamu sangat tersiksa sehingga kamu hanya bisa meringkuk sambil memegangi perut bagian kanan ini.
Jika tidak cepat ditangani, nyawa kamu bisa terancam lho. Pasalnya, usus buntu kamu bisa pecah sehingga infeksinya meluas ke area tubuh kamu yang lain.
3.       Batu ginjal
Ketika salah satu dari dua ginjal kamu bermasalah, maka kamu bisa merasakan sakit pinggang yang hebat. Salah satu masalah ginjal yang paling umum ialah batu ginjal, terutama ketika batu tersebut berpindah menuju saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih alias ureter.
Selain sakit pinggang, penderita batu ginjal juga bisa mengalami mual hingga muntah. Selain itu, mereka juga mengeluhkan buang air kecil yang berwarna merah.
4.       Infeksi ginjal (pielonefritis)
Infeksi ginjal bisa membuat ginjal kamu membesar dan rusak secara permanen. Tidak heran jika kemudian kondisi ini mengancam nyawa kamu.

Sakit pinggang sebelah kanan adalah satu satu tanda yang paling awam. Selain itu, pielonefritis dapat membuat kamu demam tinggi, nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil, hingga urine yang berwarna keruh dan bau amis.

Daripada menebak-nebak apakah sakit pinggang sebelah kanan kamu mengancam nyawa atau tidak, lebih baik periksa ke dokter sebelum terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar