Rabu, 12 Juni 2019

Cara Mengobati Bisul yang Mengganggu

Bisul, mendengar namanya saja pasti bikin kita mengernyit. Bagaimana tidak? Selain mengganggu penampilan, bisul juga menyebabkan rasa tidak nyaman akibat rasa nyeri ditimbulkannya. Kebayang dong bagaimana sakitnya kalau timbul di area pantat saat duduk.

Cara Mengobati Bisul
Cara Mengobati Bisul
Lalu bagaimana caranya supaya cepat sembuh? Apakah harus ke dokter dan menjalani tindakan dengan pisau operasi?

Tenang-tenang, ada cara mengobati bisul yang terbukti ampuh dan kabar baiknya bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah. Apa saja? Yuk baca sampai habis.

1. Cara mengobati bisul dengan kompres hangat
Siapkan air hangat dan kain. Rendam kain dalam air hangat kemudian peras lalu kompres pada bisul.  Kompres hangat dapat membantu mengurangi nyeri dan membuat bisul cepat ‘matang’ sehingga cepat pecah dan nanahnya keluar.
Tapi kamu perlu sedikit sabar, karena biasanya bisul pecah dalam 10 hari setelah bisul ‘matang’. Agar bisul cepat matang dan pecah, kamu dapat melakukan kompres hangat pada bisul setiap hari sebanyak 3-4 kali masing-masing selama 20 menit.  Bila bisul sudah pecah, bersihkan dengan sabun anti-bakteri sampai semua nanahnya habis, setelahnya bersihkan dengan cairan alkohol agar tidak terjadi infeksi yang menyebabkan bisul ulang.  Oleskan juga salep antibiotik dan tutup luka bekas pecahnya bisul dengan kasa. Walaupun sudah pecah, tetap rutinlah membersihkan area bisul dan kompres hangat sampai luka benar-benar sembuh.

2. Cara mengobati bisul dengan herbal
Selain menggunakan kompres, bisul juga dapat diobati dengan herbal yang bisa kamu temukan di rumah seperti tea tree oil, minyak jarak, dan minyak mimba (neem oil).  Ketiga herbal di atas memiliki manfaat sebagai antibakteri sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan bisul. Untuk tea tree oil, kamu dapat mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.  Oleskan campuran ini dengan cotton bud pada area bisul 2-3 kali sehari.  Bila kamu tertarik menggunakan minyak jarak atau minyak mimba, gampang banget kok. Kamu tinggal mengaplikasikan minyak jarak atau minyak mimba ke bisul kamu dengan cotton bud 3-4 kali sehari.

Bagaimana, mudah bukan? Tapi ingat ya, kamu tetap harus berkonsultasi ke dokter terutama bila bisul berukuran besar, tidak sembuh dalam 2 minggu dan bila disertai demam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar