Kamis, 13 Juni 2019

Ngantuk Saat Kerja Bisa Mengganggu Produktivitas, Atasi dengan Ini

Apakah pekerjaan Anda mengharuskan anda mengambil jam kerja atau shift malam? Apakah Anda sulit berkonsentrasi pada saat bekerja pada shift malam? Apakah Anda masih mencari cara menghilangkan ngantuk saat kerja di malam hari?? Hal ini mungkin disebabkan oleh kualitas tidur Anda yang kurang baik.
Ngantuk Saat Kerja
Ngantuk Saat Kerja
Beberapa dari kita memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk mengambil jam kerja pada malam hari. Dokter, perawat, polisi, penjaga keamanan, penjaga toko 24 jam, dan beberapa pekerjaan lain memiliki jam kerja pada malam hari. Permasalahan utama pada para pekerja yang bekerja pada malam hari hanyalah satu, yaitu, rasa ngantuk.
Sejauh mana dampak mengantuk pada produktivitas kerja?
Apakah Anda pernah merasakan setelah menyelesaikan jam kerja malam anda tidur sebanyak 7 jam atau lebih pada siang. tetapi tetap merasa ngantuk pada malam harinya? Hal ini disebabkan oleh jam biologis tubuh kita, yang tetap mengirimkan sinyal untuk tidur pada malam hari.
Nah, rasa kantuk atau ingin tidur ini mungkin akan terasa nikmat bagi orang yang tidak bekerja. Namun, rasa kantuk ini sangat menyiksa beberapa orang yang harus bekerja pada malam hari. Rasa kantuk ini dapat mengganggu pekerjaan karena proses berpikir, proses pengambilan keputusan, dan konsentrasi menjadi terganggu.
Namun jangan khawatir, beberapa tips singkat di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi rasa kantuk pada saat bekerja di malam hari, sekaligus meningkatkan kualitas tidur Anda.
1.    Stop mengambil jam kerja pada malam hari terus-menerus! Selingi dengan libur atau batasi jam kerja pada malam hari, untuk mengurangi efek samping dari kerja pada malam hari.
2.    Biarkan tubuh Anda beradaptasi. Hindari pergantian jam kerja yang terlalu sering.
3.    Apabila terdapat waktu luang, selalu gunakan kesempatan itu untuk beristirahat, kurang lebih selama 30 menit.
4.    Pastikan tempat kerja memiliki pencahayaan yang cukup, supaya Anda tetap fokus dan terjaga pada malam hari.
5.    Stop konsumsi kafeina, terutama pada akhir jam kerja malam Anda. Sebab, kafeina membuat Anda terjaga. Padahal, Anda membutuhkan tidur setelah jam kerja malam.
6.    Setelah jam kerja malam, usahakan tidur di tempat yang gelap dan tidak terkena sinar matahari.
Tidurlah di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian atau gangguan orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar