Jumat, 28 Juni 2019

Cacar Air yang Kambuh Menjadi Cacar Api

Pernah menderita cacar air sewaktu kecil? Hati-hati karena virusnya tetap tinggal di dalam tubuh dan bisa menyebabkan sakit cacar api alias herpes zoster.

Cacar Api
Cacar Api
Saat sembuh dari cacar air, virus varicella zoster ternyata menetap di sel-sel saraf namun dalam keadaan dorman (tidak aktif). Akan tetapi, bertahun-tahun kemudian virus tersebut bisa mendadak bangun dan menyebabkan infeksi kembali.

Gejala-gejala cacar api

Meskipun disebabkan oleh virus yang sama, gejala-gejala yang muncul pada cacar air dan cacar api berbeda. Pada cacar air bintil-bintil berair yang gatal muncul di seluruh tubuh, tapi pada cacar api ruam dan bintil-bintil hanya muncul di satu sisi tubuh atau di area tubuh yang merupakan lokasi saraf yang diserang virus.

Jika bintil-bintil pada cacar air terasa gatal, maka pada cacar api bintil-bintilnya terasa gatal, nyeri seperti terbakar. Seramnya lagi, rasa nyeri itu bisa bertahan bahkan setelah bintil-bintil dan gejala cacar api lainnya hilang. Kondisi yang disebut nyeri pasca herpes zoster itu ada yang berlangsung sampai berbulan-bulan sehingga sangat mengganggu aktivitas penderitanya.

Virus varicella dalam tubuh bisa menginfeksi kembali akibat menurunnya kekebalan tubuh. Pada orang dewasa muda, kekebalan tubuh bisa menurun akibat kelelahan bekerja dan beraktivitas, asupan gizi yang kurang seimbang, kurang olahraga dan stres. Bisa juga karena mengalami penyakit system imunitas tubuh seperti HIV/AIDS. Cacar api menjadi penyakit yang banyak diderita golongan lansia karena system kekebalan tubuh mereka yang memang sudah melemah sehingga virus mudah menyerang.

Jaga daya tahan tubuh dan vaksinasi

Karena virus memang sudah ada di dalam tubuh, cara pencegahan cacar air adalah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Usahakan untuk menjalani gaya hidup sehat, minimal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta sempatkan waktu untuk berolahraga.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, soalnya cacar aair agak susah pengobatannya. Antivirus diberikan hanya untuk mengurangi keparahan gejala-gejalanya. Apalagi jika sampai mengalami nyeri pasca herpes zoster, pengobatan yang diberikan seringkali tidak bisa menuntaskan masalah nyeri yang berlangsung berbulan-bulan.

Meski saat ini sudah ada vaksinasi untuk pencegahan cacar api, namun lebih efektif diberikan pada orang yang berusia 50 tahun ke atas. Jadi gaya hidup sehat untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh tetaplah upaya pencegahan terbaik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar